Author Baihaki, 03 Dec 2013
Sebuah langkah
akuisisi baru saja dilakukan oleh Apple. Produsen iPhone dan iPad tersebut pun
baru saja membeli perusahaan analisis sosial media bernama Topsy dengan harga
sebesar 200 juta USD. Dengan langkah akuisisi ini, Apple pun bisa mengetahui
informasi tentang tren di bidang musik, film serta TV show yang tengah terjadi
di Twitter.
Topsy merupakan
sebuah perusahaan yang melakukan analisis sebanyak 500 juta tweet setiap
harinya. Selanjutnya, dari analisis yang mereka lakukan, pihak perusahaan pun
bisa mengetahui tren mengenai fenomena tertentu dan menjual informasi tersebut
kepada para konsumennya.
Analis industri
Altimeter Group, Susan Etlinger mengatakan bahwa hasil analisis Topsy bisa
secara langsung dinikmati oleh Apple. Mereka dapat menggunakan informasi yang
dikumpulkan Topsy dan mengaplikasikannya di iTunes dan merekomendasikan musik,
film serta TV show yang saat ini sedang ngetren.
Selain itu, Apple juga bisa
menggunakan Topsy untuk mengetahui respon masyarakat di dunia Twitter tentang
iklan yang berjalan di iAd. iAd merupakan platform yang digunakan oleh Apple
untuk menjual iklan pada aplikasi mobile di iPhone ataupun iPad.
0 komentar:
Posting Komentar